Tujuan dari menghitung transport lost adalah agar
mualim satu bisa menjadikan faktor batasan toleransi jumlah muatan di
pelabuhan Disch yang harus di bongkar agar tidak mengalami claim oleh
pertamina atau pemilik muatan.
CONTOH PERHITUNGAN
SHIP FIGURE AFTER LOADING
KL.OBS | KL.15`C | BRLS | L/T | M/T | |
PREMIUM | 499.750 | 492.376 | 3099.013 | 354.954 | 360.651 |
KEROSINE | 647.344 | 637.500 | 4011.791 | 504.327 | 512.421 |
SOLAR | 646.167 | 637.041 | 4008.896 | 522.437 | 530.822 |
BL ( DLM BARRELS)
P = 3090.039
K = 4026.115
S = 4023.743
Discharging “ Bengkulu” (BEFORE DISCARGE) → 0.10 % → 0.08 %
Grade SG Temp. Daft.53 Daft.54 Daft.57
Premium = 0.723 / 28° C → 0.7336 – 0.985244 – 0.7209
Kerosine = 0.793 / 31° C → 0.8043 – 0.985658 – 0.7905
Solar = 0.824 / 31° C → 0.8348 – 0.986696 – 0.8205
Take KEROSINE ( Transport Lost ) → 0.08 %
0.08 x BARELS A.L → 0.08 x 4011.791 = 3.209 BRLS
100 100
Berarti BARRELS before discharge harus = → 4011.791 – 3.209 = 4008.582 BRLS
4008.582 : 6.293 = 636.990 ( NET KL.15° C )
636.990: 0.985658 = 646.258 ( KL.OBS )
KL OBS = 647.344 – 646.258 = 1.086 K/L (SAVE)
Waktu pembongkaran 0.30 % → 0.28 %
0.28 x BARELS B.D → 0.28 x 4008.582 = 11.224 BRLS
100 100
BARELS → 4008.582 – 11.224 = 3997.358
3997.358 : 6.293 = 635.207 NET KL.15° C
635.207 : 0.985658 = 644.449 KL OBS
KL OBS = 646.258 – 644.449 = 1.809 K/L (SAVE)
Catatan:
Temperature turun, OBS turun, barel naik
SG naik, OBS naik, barrel turun.
Take SOLAR ( Transport Lost ) → 0.08 %
0.08 x BARELS A.L → 0.08 x 4008.896 = 3.207 BRLS
100 100
Berarti BARRELS before discharge harus = → 4008.896 – 3.207 = 4005.689 BRLS
4005.689: 6.293 = 636.530 ( NET KL.15° C )
636.530 : 0.986696 = 645.112 ( KL.OBS )
KL OBS = 646.167 – 645.112 = 1.055 K/L (SAVE)
Waktu pembongkaran 0.30 % → 0.28 %
0.28 x BARELS B.D → 0.28 x 4005.689 = 11.216 BRLS
100 100
BARELS → 4005.689 – 11.216 = 3994.473
3994.473 : 6.293 = 634.748 NET KL.15° C
634.748 : 0.986696 = 643.306 KL OBS
KL OBS = 644.403 – 643.306 = 1.097 K/L (SAVE)
Sekian orek – orean saya semoga menjadi referensi
perhitungan bagi calon Senior Officer, mualim II yang ingin belajar
menjadi C/O.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar